Indonesia itu Kita !

Sekali Merdeka tetap Merdeka !  

Image result for indonesia merdeka

Indonesia memang sudah merdeka. Memperjuangkan tanah air tercinta. Bebas dari para penjajah. Bebas dari tali kekang yang menghimpit. Bebas dari perjanjian yang mengikat. Tidak ada lagi kekerasan. Tidak ada lagi kerusuhan. Semuanya terasa damai. Semuanya terasa tenang, sejak 72 tahun silam.

Namun, apakah kalian pernah berpikir bahwa sebenarnya Indonesia belum merdeka ? Tenang dan kedamaian yang kita rasakan sekarang ini hanyalah yang kelihatan dari luar. Seakan tipuan belaka. Apakah kalian tidak pernah merasakan hancurnya Indonesia dari dalam ? Sadarkah kalian bahwa sampai detik ini, Indonesia masih di jajah. Bukan secara fisik, melainkan secara batin.

Kita semua tahu bahwa Indonesia adalah sumber kekayaan dunia. Bahan-bahan makanan, tambang, sumber hayati, dan hewani ? Semua berasal dari Indonesia. Berpusat di tanah air kita ini. Tetapi apakah kalian pernah peduli ? tidak.

Kalian sibuk mengurusi urusan kalian sendiri. Ribut sana sini. Entah apa tujuannya. Mempermasalahkan hal yang kecil yang jelas tidak butuh di lanjutkan. Sibuk dengan keegoisan kalian sendiri. Mementingkan keperluan sendiri. Sampai-sampai tidak pernah memikirkan tempat kelahiran kalian sendiri.

Begitu banyak suku bangsa yang tersebar di seluruh pulau Indonesia. Bukannya saling menghargai, malah saling menyindir. “Persatuan Indonesia” Sila ketiga yang harusnya kita junjung tinggi dan perjuangkan, malahan kita rendahkan sebisa mungkin. Lima agama yang berlaku. Bukannya saling mendukung, malah saling menjatuhkan. Begitu juga dengan “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” Sila kelima yang harusnya menjadi acuan kita untuk bersikap adil terhadap sesama, malah diabaikan. Kalau kalian bilang negara ini sudah adil dan bersatu. Kalian salah besar. Apa namanya keadilan jika ada yang bertindak senonoh terhadap umat yang berbeda agama ? Apa namanya persatuan kalau berbeda suku bangsa saja masih saling menyindir ? Coba kalian pikirkan, sebenarnya kita ini warga negara atau penghancur negara ?

Related image

Disaat para turis menyukai budaya Indonesia hingga membawanya ke negara mereka sendiri. Kita malah berperilaku tidak suka. Disaat para turis asyik mengenalkan budaya Indonesia, kita malah mencemarinya.

Bahkan, ketika budaya luar yang buruk masuk menyerbu budaya Indonesia, kita tetap tidak peduli. Sadarkah kalian bahwa budaya kita telah di jajah budaya luar ? Sadarkah kalian bagaimana berkurangnya budaya Indonesia di negeri sendiri ?

Di era globalisasi yang semakin marak di dunia, Indonesia menjadi terbawa arus tersebut. Memang tidak ada salahnya untuk mengikuti era ini, tetapi tidak benar juga jika kita membiarkan globalisasi merusak budaya Indonesia. Contoh yang paling mudah adalah film, reality show yang ada setiap harinya. Bisa dihitung menggunakan jari jumlah film dan reality show yang benar-benar murni Indonesia. Sisanya ? Malah film India atau Turki, dan reality show tidak jelas.

Saya tidak bermaksud untuk menyindir, tetapi itulah yang saya rasakan. Sebagai pelajar SMA, waktu untuk menonton sangatlah minim sehingga ekspetasi saya ketika membuka tv sangatlah tinggi. Saya lebih mengharapkan acara-acara yang lebih memperkenalkan budaya Indonesia. Reality show yang membahas kekayaan Indonesia. Jujur saja, adanya reality show untuk menjodohkan dan sebagainya tidak terasa gunanya untuk pelajar seperti saya. Terutama anak-anak SD atau SMP. Bagi saya, tidak mengandung moral apa-apa. Komedi tidak, tragedi iya.

Tidak jauh berbeda halnya dengan film-film India atau Turki. Saya mengerti bagaimana rating film ini begitu tinggi di Indonesia. Namun, tidak perlu juga Indonesia mengikuti film tersebut. Maksud saya adalah kita bisa membuat inovasi yang lebih baik dan bermanfaat. Lihat saja drama Korea, mereka berani mengeluarkan uang banyak demi mengenalkan budaya mereka. Tempat yang tadinya dikenal menjadi terkenal. Indonesia tentu bisa seperti itu. Bahkan jauh dari itu. Dari Sabang sampai Marauke. Laut yang saling sambung menyambung dengan beribu-ribu pulau. Gunung-gunung berapi yang memasuki Ring of Fire. Pertanian yang terhampar begitu luasnya. Tambang emas yang tersebar di Papua. Paus langka yang berada di perairan Gorontalo. Tari-tarian yang berbeda di setiap daerahnya. Rumah adat nan unik di tiap provinsi. Dan masih banyak lagi. Sungguh tak terhitung betapa kaya nya Indonesia ini.

Image result for java indonesia

Image result for hiu gorontaloImage result for gunung merapi

Pemerintah saja terus berusaha untuk meningkatkan jiwa ke-Indonesiaan kita. Masa kita sebagai warga negara tidak mau membantunya ? Jangan asal mengeluh ketika Indonesia rusak. Padahal itu salah kita sendiri yang tidak mau ikut campur dalam pelestarian. Pemerintah juga manusia yang butuh dukungan orang lain. Jangan mengeluh ketika ada kerusuhan. Padahal kita sendiri tidak menjunjung Pancasila.

Maka dari itu, belajarlah menjadi warga negara yang mendukung Indonesia. Warga negara yang senantiasa ada untuk memperjuangkan negeri ini. Ingat! Indonesia milik kita bersama. Bukan milik suku ini atau suku itu, bukan juga milik agama ini atau agama itu. Indonesia itu beragam. Indonesia itu unik. Dan Indonesia itu Kita.

Image result for indonesia itu kita

Advertisements

6 thoughts on “Indonesia itu Kita !

Add yours

  1. Ujung ujungnya korea ya min Wkwkwk..
    Menurut saya sih itu tergantung lagi ke kitanya ya mau nonton acara tv tersebut atau tidak. Soal acara tv tentang budaya Indonesia Kan juga banyak di Tr*ns Tv yg judulnya My **** My adventure dsb.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: