Bagian Hidup Ku

Kain Merah Putih terpampang jelas di depan mata ku 

Di topang oleh tiang besi nan tinggi

Aku bertanya-tanya..

Dimana kah aku?

Tanah apa kah ini?

Bendera apa kah ini?

Apakah Indonesia?

Indonesia yang selama ini jadi tempat aku tumbuh?

Bukan!

Ini bukan Indonesia

Bukan Indonesia yang ku kenal

Ini hanyalah negara yang tak ada rasa sama sekali

Negara yang hampa

Penuh kegelapan dimana-mana

Aku tidak lagi mengenal Indonesia

Aku tidak lagi merasa bahwa inilah Indonesia

Kemana Indonesia yang berdasar hukum?

Kemana Bhineka Tunggal Ika?

Semuanya hilang! 

Kaum tidak bersalah dianggap kriminal 

Kaum bersalah dianggap malaikat

Minoritas ditindas seenaknya

Mayoritas berkuasa sewenang-wenang

Mana Hak Asasi Manusia yang dijanjikan?

Menindas itu namanya HAM?

Hukum memihak, namanya HAM?

Aku memang bukan tokoh politik

Juga bukan orang yang ‘gila’ politik

Tapi aku warga Indonesia

Warga yang mencintai Indonesia

Indonesia ini tanah air ku juga

Bukan hanya tanah mu!

Indonesia ini bagian hidup ku

Indonesia hancur? Diriku juga hancur 

Tolonglah..

Jangan merusak Indonesia 

Indonesia ini milik bersama

Jangan kedepankan egoisme mu 

Pentingkan hidup orang lain

Hargai lah orang lain

Ingat!

Indonesia ini milik bersama. 

2 thoughts on “Bagian Hidup Ku

Add yours

Leave a Reply

WordPress.com.

Up ↑

